Pages

Subscribe:

Rabu, 26 November 2014

Peran Mahasiswa dalan Upaya Pelestarian Lingkungan


Peran Mahasiswa dalam Upaya Pelestarian Lingkungan
Lingkungan hidup adalah tempat dimana makhluk hidup melakukan segala aktifitas kehidupannya. Aktfitas makhluk hidup kadang ada yang menguntungkan bagi lingkungan dan ada pula yang merugikan. Aktifitas makhluk hidup yang menguntungkan misalnya pemanfaatan sumber daya alam secara baik dan benar. Namun akhir akhir ini banyakm aktifitas makhluk hidup banyak yang merugikan lingkungan dan aktifitas tersebut banyak dilakukan oleh manusia. Manusia banyak melkukan kegiatan yang merugikan lingkungan misalnya pengeboran, penebangan hutan, pertambangan dan lainnya yang menyebabkan lingkungan menjadi rusak.


penambangan liar



pengeboran



penebangan hutan


Aktifitas aktifitas diatas lama kelamaan dapat menyebabkan lingkungan menjadi rusak. Harus ada pihak-pihak yang menangani masalah tersebut. Pemerintah adalah penggerak utama dalam menangani masalah tersebut dan menangani pelestarian lingkungan. Namun, tidak hanya pemerintah saja yang berperan dalam upaya pelestarian lingkungan masyarakat pada umumnya juga harus ikut berupaya ikut serta dalam pelestarian lingkungan. Mahasiswa juga memiliki peranan penting dalam upaya pelestarian lingkungan. Mahasiswa memiliki peranan penting dalam pelestarian lingkungan karena mahasiswa yang nantinya akan menggantikan pemerintah dalam menjaga lingkungan hidup. mahasiswa yang memiliki peranan penting dalam menjaga dan melestarikan lingkungan adalah mahasiswa yang mengambil konsemtrsi ilmu di bidang lingkungan khususnya. Banyak kegiatan pelestarian lingkungan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa, contohnya penanaman mangrove, kegiatan reboisasi, kegiatan kebersihan lingkungan, kegiatan konservasi, dan lain lain.

Mahasiswa FSM Undip sedang menanam pohon mangrove di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Minggu (19,10).sumber:http://merinaw.wordpress.com/

sumber : https://www.google.com

Kegiatan pelestarian seperti yang dilakukan di atas dapat mengembalikan kelestarian lingkungan. Kegiatan mahasiswa dalam upaya pelestarian lingkuangan salah satunya adalah begabung dengan gerakan pecinta alam atau gerakan gerakan yang berbasis pada lingkungan alam. Banyak yang dapat mahasiswa lakukan dalam gerakan gerakan tersebut, misalnya konservasi terhapat tanaman-tanaman langka, konservasi terhadap hewan-hewan langka, dan kegiatan lainnya. salah satu gerakan cinta lingkungan yang ada di unversitas adalah Haliaster, yang merupakan salah satu biro yang bergerak di bidang lingkungan di jurusan Biologi Universitas Diponegoro. Biro ini banyak melakukan kegiatan konservasi terhadap burung, capung, dan yang dalam proses adalah konservasi tanaman anggrek. Kegiatan kegiatan seperti inilah yang diharapkan mampu menjaga kalestarian lingkungan.
                Menjaga kelestarain lingkungan adalah tugas semua makhluk hidup yang hidup dibumi ini, karena lingkungan adalah sepenuhnya tanggung jawab kita. Apabila lingkungan kita lestari, kita juga yang akan menikmati hasilnya. Dan sebaliknya apabila lingkungan rusak maka kita juga yang akan menanggung akibat dari kerusakan tersebut.


Oleh : DZUNNUROINI KHANIF .M

0 komentar:

Posting Komentar